kmppjogja

Kegiatan Ekonomi Produktif Desa Gembong, Pati

Oleh: Zaenal Abdullah (Anggota KMPP Yogyakarta) Desa Gembong merupakan bagian dari wilayah, Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Secara umu...


Oleh: Zaenal Abdullah (Anggota KMPP Yogyakarta)
Desa Gembong merupakan bagian dari wilayah, Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Secara umum wilayah Desa Gembong berupa lahan Tegalan dan dengan periran yang berupa waduk. Dengan luas wilayah yang lumayan besar. Desa Gembong berbatasan sebelah utara dengan Desa Pogading dan Desa Wono Sekar, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan wilayah Desa Kedung Bulus, di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bermi dan sebelah barat berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kudus dan sedikit dengan Desa Bageng.
Nama Desa Gembong sendiri sesuai keterangan warga Masyarakat secara turun temurun diambil dari kata Gemong yaitu “Macan Gembong” yang dulunya diyakini sebagai Macan peliharaan Pangeran Diponegoro yang pernah singgah diwilayah Gembong setelah berguru pada Sunan Muria.
Disektor usaha produktif Desa Gembong terdapat sejumlah kelompok usaha produktif yang dimotorioleh kelompok Perempuan, Bapak- bapak dan Pemuda.
Di Desa Gembong terkenal dengan sentra produksi olahan dari bahan baku singkong mulai dari keripik singkong, tape singkong hingga tiwul atau nasi singkong. Untuk Tape singkong ini ada dua tempat sentral pengolahan yaitu ada di kelurahan karang Dalem dan Bergat. Dari usaha rumahan pengolahan singkong ini dapat mendukung ekonomi keluarga yang cukup signifikan hal ini bisa dilihat dari pemasarannya yang mencakup ke seluruh penjuru kabupaten Pati bahkan sampai Kabupaten Kudus. Selain olahan dari bahan baku singkong terdapat juga home industri pembuatan tahu, tempe dan juga bahkan pembuatan furniture dan hasil kerajinan yang lain.
Usaha produktif lain yang mendukung perekonomian adalah kegiatan arisan disetiap tingkat pertemuan dan kelompok baik ibu ibu, pemudamaupun perkumpulan bapak bapak, misalnya di pertemuan pengajian, RT, RW dan kelompok PKK serta Dasa Wisma maupun karang taruna.
Dibidang peternakan, rata rata warga Desa Gembong memiliki ternak berupa ayam, disamping itu dari data yang tersedia terdapat kurang lebih sekitar 150 an ekor sapi dan hampir 450 an lebih ekor kambing. Sejauh ini potensi ini belum secara optimum digarap dan dikelola secara efektif, disamping pola pengelolaannya
yang masih berdekatan dengan rumah tangga, limbah ternak belum dikelola secara baik sehingga belum termanfaatkan untuk mendukung sektor lain secara optimum.
Potensi lingkungan yang kurang tergarap secara efektif adalah pengelolaan lingkungan rumah tangga. Rata-rata rumah tangga di Desa Gembong memiliki halaman yang luas, namun bila dicermati lahan tersebut kurang dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan ekonomi secara produktif. Jenis-jenis tanaman yang umum dilingkungan halaman rumah tangga adalah tanaman buah-buahan seperti rambutan, mangga dan lain-lain, dimana seperti disampaikan oleh warga, produksi buah pada saat-saat tertentu sangat melimpah dan belum diolah untuk meningkatkan nilai tambah ekonominya. Namun hal tersebut tidak membuat merka merasa susah, mereka terus berusaha agar semua itu bisa di olah sehingga dapat menambah nilai ekonomi dan mereka semakin sejahtera.

Related

Potret 8061281499477771685

Posting Komentar

  1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Rasmita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya saya menemukan jalan /solusi melalui Program Hibah Dana Gaib di web www.pesugihanuang.xtgem.com. saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Dengan keyakina dan keberania saya ikut bergabung untuk mengikuti Program Hibah Dana Gaib dan memohonkan dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan saya. Cuma dalam waktu 2 hari saya mendapat telpon dari pihak Program tersebut, Alhamdulillah dana yang saya mohonkan sudah cair dan sudah dapat saya gunakan untuk melunasi hutang. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Kh. Tambrin Abdullah 0853-9774-5894 kunjungi website www.pesugihanuang.xtgem.com atau KLIK DISINI ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya
















































































    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Paper

Visitor

item