Prof. Dr. Amin Resmi Jadi Parampara Praja DIY 2016-2021 - KMPP Yogyakarta

Kamis, September 08, 2016

Prof. Dr. Amin Resmi Jadi Parampara Praja DIY 2016-2021



Sultan Hamengkubuwono X saat bersalaman dengan Pak Amin
Prof. Dr. Amin Abdullah atau biasa disapa dengan panggilan Pak Amin merupakan salah satu tokoh yang dilantik langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Parampara Praja DIY periode 2016-2021 di bidang  keagamaan di Bangsal Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY pada hari Selasa (30/08).
Pria yang lahir di Margomulyo, Tayu, Pati pada 63 silam ini sebelum dilantik sebagai Parampara Praja DIY merupakan guru besar di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Serta pernah menjabat sebagai rektor UIN Sunan Kalijaga dua periode berturut-turut mulai 2002-2005 dan 2005-2010.
Tokoh lainnya yang dilantik sebagai Parampama Praja di bidang agama adalah mantan Ketua MK Mahfud MD, tokoh kesehatan Dr. Soetaryo, Hermin Kusmayati, mantan rektor UII serta ahli ekonomi Edy Suandy Hamid, serta ahli pertanahan Suyitno. Sedangkan dari kalangan keraton adalah puteri sulung Sultan HB X, GKR Mangkubumi serta dari Puro Pakualaman adalah GPH Wijoyo Harimurti.
Menurut penuturan Sultan HB X dalam pidatonya, “Mereka akan menjadi salah satu tonggak strategis dalam keistimewaan DIY, yaitu terwujudnya kesejahteraan rakyat” ujar sultan.
Sultan menambahkan bahwa mereka dipilih karena dianggap sebagai orang-orang yang paham keistimewaan DIY dan memiliki aset yang sangat berharga dalam bentuk kepemimpinan, pemikiran, inspirasi serta inovasi. 
Sumber: uin-suka.ac.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda